Minggu, 08 Februari 2015

Agama Kristen Protestan : Konsepsi Tentang Tuhan

Konsepsi Tentang Tuhan

Ciri khas sebuah agama tak terkecuali agama manapun pasti ada kepercayaan yang kuat dan melekat kepada sang kodrat Ilahi.Konsepsi mengenai Tuhan akan mempengaruhi dimensi - dimensi lain yang ada. Misalnya cara pandang dan pemikiran kita kepada Tuhan.



Pengertian dan fungsi Agama :

1. Pengertian Agama :

    - Istilah – istilah dalam agama

    - Perbedaan Ilmu Agama, Agama dan Teologia

    - Berbagai defenisi dari agama

    - Unsur – unsur yang ada dalam agama.



Istilah Agama
     Agama berasal dari bahasa sanskerta yang artinya “tidak kacau balau”;

     Agama berasal dari bahasa latin “religare” yang artinya “terikat/keterikatan”;

     Agama berasal dari bahasa semit “din” yang artinya undang – undang/hukum.

    Dari istilah – istilah diatas dapat disimpulkan bahwa Agama dapat mengikat penganutnya secara langsung ataupun tidak langsung kepada aturan/hukum yang ada dalam agama tersebut sehingga diharapkan melalui agama tersebut akan ada kehidupan yang tidak kacau balau. Dalam Agama Kristen, agama ataupun usaha manusia untuk memperoleh keselamatan bukanlah penjamin keselamatan tetapi karena Anugerah Allah yang Ia telah karuniakan kepada setiap umat manusia dan kepercayaan kepadaNya yang lebih ditekankan. Usaha dan tindakan yang dilakukan itu merupakan akibat langsung dari kepercayaan terhadap kasih karunia Allah bagi manusia.

Perbedaan Ilmu Agama dan Teologia
            Ilmu Agama melakukan peneitian terhadap semua agama - agama yang ada tanpa membeda - bedakannya, kerenanya ilmu agama hanya satu tetapi ada banyak teologia.

Teologia adalah Ilmu yang membahas satu agama dari sekian banyak agama yang ada, yaitu agama yang dipercayai.



Defenisi – Defenisi Agama :
            Walaupun tidak ada defenisi yang cukup lengkap memberikan deskripsi mengenai agama, berikut diuraikan defenisi – defenisi yang ada:

1. “Agama adalah usaha manusia secara konkret untuk keluar dari apa yang fana masuk kedalam dunia yang baka dan termasuklah segala kegiatan praktis yang dilakukannya”.

2. “Agama adalah kepercayaan yang dipersatukan dan disertai dengan takut yang sungguh – sungguh kepada Allah, dalam hal ini takut yang berbentuk rasa hormat yang tulus ikhlas kepada Allah”.

3. “Agama adalah pemujaan terhadap kekuatan gaib yang timbul dari perasaan lemah dan takut terhadap kekuatan misterius yang terdapat dalam alam sekitar manusia".

Unsur-Unsur dalam Agama

1. Unsur yang pertama dan utama adalah adanya Oknum yang dipercayai atau disembah. Oknum ini didefenisikan sebagai yang ilahi, yang berada jauh diluar manusia, yang kudus, dan memliki kekuatan gaib yang misterius;

2. Unsur yang kedua adanya pengakuan, keyakinan atau kepercayaan sebagai akibat dari unsure yang pertama;

3. Unsur yang ketiga merupakan realisasi dari unsur yang kedua. Hubungan harmonis dan kepercayaan direalisasikan dalam bentuk pemujaan atau penyembahan.

Pengertian Agama Kristen adalah Agama penyataan yang pengajaran keselamatannya didasarkan kepada pengutusan Yesus Kristus. Keselamatan itu diterima dan diperlihatkan melalui kesetiaan dan ketaatan.



Sumber : Pendidikan Agama Kristen - Prof. Dr. Risnawaty Sinulingga, M.Th,  dan catatan TS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar